Pidato Resepsi Pernikahan

Jumat, 03 September 2010

Berikut contoh resepsi pernikahan :


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahi rabbil alamin, wash shalatu was salamu’ala asyrafil wal mursalim, wa’ala aalihi wa ash-habihi ajma’in, amma bad’du.

Kepada yang terhormat Bapak (……….. ) saudara, bapak, ibu, hadirin dan hadirat segenap para undangan yang saya hormati, khususnya kedua mempelai yang sedang berbahagia. Mengawali pertemuan kita dalam resepsi pernikahan ( walimatul ‘ursy ) ini, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT. Yang telah menganugerahkan rahmat, taufiq dan hidayahnya kepada kita, sehingga pada saat ini, kita bisa berkumpul, menghadiri perikahan putra ……. / putrinya ……. Dengan pasangan yang dicintainya yang bernama ………………

Sebagaimana telah kita saksikan bersama kedua mempelai sedang duduk dihadapan kita, laksana seorang raja dan ratu yang sedang berbahagia dan berbunga-bunga, menantikan saat-saat indah di malam pertama yang mendebarkan dan sekaligus membahagiakan. Mudah-mudahan akad nikah yang baru saja dilaksanakan tadi mendapatkan berkah dari Allah SWT. Sehingga kedua mempelai / pasangan suami sitri dapat menciptakan rumah tangga yang harmonis, penuh cinta kasih sayang ( sakinah, mawaddah, wa rahmat )

Sebagai pembawa acara dalam resepsi kali ini, kiranya perlu saya sampaikan susunan acara dalam walimatul ‘ursy ini yaitu ;

  1. pembukaan
  2. pembacaan ayat suci Al-Oqur’an
  3. sambutan dari pihak mempelai putra / penyerahan
  4. mauidhatul hasana ( nasehat pernikahan )
  5. penutup/doa.

Pembukaan

Untuk mempersingkat waktu, marilah kita buka acara ini dengan bacaan Ummul Qur’an, Biniyyatis syifa' was salamah wal qabul bijahi sayyidina rasul muhammadin saw. al- fatihah.. ( setelah membaca surat al fatihah bersama-sama atau pembukaan bisa dilakukan dengan pembacaan basmalah, lalu MC melanjutkan )

Mudah-mudahan dengan pembacaan surat Al Fatihah atau bismillah tadi, acari ini dapan berjalan dengan lancar tanpa ada suatu halangan apapun, dan pahalanya kembali kepada kita semua khususnya kepada mempelai berdua sehingga dapat tercipta rumah tangga yang bahagia, damai dan sejahtera, amin.


Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an :

Memasuki acara yang kedua yaitu pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an yang akan dibacaan oleh Ustadz ......... kepadanya dipersilahkan. ( setelah selesai selesai membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an, MC kembali melanjutkan acara )

Kepada .................... disampaikan banyak terima kasih mudah-mudahan lantunan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an tadi, pahalanya diberikan kepada pembaca khususnya, juga kepada kita semua yang mendengarkannya.


Sambutan dari pihak mempelai Putri / Penyerahan :

Menginjak acara yang ketiga, yaitu sambutan penyerahan dari pihak mempelai putri kepada mempelai putra, yang akan disampaikan oleh yang terhormat Bapak / Saudara .. ......... kepadanya dipersilahkan. ( setelah penyambutan selesai, MC kembali memegang kendali acara )

Demikian tadi sanbutan penyerahan yang telah disampaikan oleh Bapak / Saudara ............... kepadanya saya sampaikan banyak-banyak terima kasih. Tentu kiranya mempelai putra dan kelurga dapat mengerti dan menerimanya dengan sepenuh hati dengan segala kelebihan dan kekurangannya.


Sambutan dari pihak mempelai Putra / Penerimaan :

Masih dalam acara sambutan yang kedua, yaitu sambutan penerimaan dari pihak mempelai putra, dalam hal ini akan di sampaikan oleh yang terhormat Bapak ............. kepadanya dipersilahkan. ( setelah sambutan penyerahan selesai, MC kembali memegang kendali acara ).

kepadanya, saya sampaikan terima kasih yang sebanyak-banyaknya, demikianlah tadi telah kita saksikan bersama acara serah terima dari kedua mempelai senantiasa mendapatkan limpahan rahmat dan berkah dari Allah SWT. Sehingga kita dapat membina mahligai rumah tangga yang bahagia fiddunya wal akhirah, amin ya robbal alamin.


Mauidhatu Hasanah / Nasehat Pernikahan :

Kini sampailah kita kepada acara yang kelima yaitu Mauidhatul hasanah / Nasehat pernikahan yang akan disampaikan oelh yang terhormat Bapak ............... kepadanya dipersilahkan. ( setelah selesai, MC memimpin acara lagi ).

Kepada yang terhormat Bapak KH ................. dihaturkan banyak terima kasih. hadirin dan hadirat serta para undangan sekalian yang berbahagia, demikianlah dati mauidhatul hasanah, nasehat perkawinan yang telah disampaikan oleh Bapak KH. ................. semoga siraman rohani tadi bermanfaat bagi kita semua, terlebih bagi mempelai berdua untuk dijadikan pegangan dan bekal dalam membina rumah tangga yang sakinah, mawaddah wa rahmah dalam naungan ridho Allah SWT.


Penutup / Doa :

Saudara, Bapak, Ibu hadirin serta para undangan sekalian yang berbahagia. Acara demi acara telah kita lalui bersama, kini tibalah kita pada puncak acara, yaitu penutup/pembacaan doa yang akan dipimpin oleh yang terhormat ustadz .... / Bapak KH............... namun sebelum doa dimulai, saya sebagai pembawa acara dalam walimatul ursy ini, kurang lebih mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kepada yang terhormat ustadz............. / Bapak KH. ......... dimohon untuk menutup acara ini dengan pembacaan doa kepada beliau saya persilahkan.

Akhirnya, wallaahul muwaffiq ilaa aqwamit thariq was salamu'alaikum warahmatullah wabarokatuh.



0 komentar:

Poskan Komentar